Posted in Young Marketers

Format Simple Marketing Plan

Hi Young Marketers!
Di sesi kali ini, Anak dari Bali bakalan nge-share seputar How to Create Marketing Plan.

Terutama buat kalian yang jurusan management marketing, pasti bakalan ketemu sama hal yang satu ini. So, buat kalian yang masih bingung, check this out!

Apa sih marketing plan?

Kamu pasti pernah denger juga yang namanya Business Plan. Bedanya, marketing plan punya scope bahasan yang lebih sempit dan menjurus dibandingkan dengan business plan.

Marketing plan lebih membahas dan mengarah ke company objectives or goals yang akan diraih dengan menjalankan marketing strategy dan tactics. Kesimpulannya adalah marketing plan lebih mengarah pada rencana pemasaran sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan.

Format Marketing Plan?

Practice makes perfect! Kalo kamu sudah sering membuat marketing plan, sebenarnya kamu bisa modifikasi dan berkreasi sendiri untuk formatnya. Tapi buat kalian yang baru belajar, format berikut bisa kalian ikuti.

  1. Executive Summary
    Seperti namanya, bagian ini isinya ringkasan dari marketing plan kalian. Di sini kalian sebutkan main goals, hal yang ingin direkomendasikan, dan  sertakan points untuk orang yang akan membaca dokumen kalian.
    Current Market Situation
    Jelaskan tentang kondisi keseluruhan dari market kalian, tentukan segmentasi pasar yang akan menjadi target kalian. Jangan lupa untuk menyebutkan kondisi terbaru dari company kalian.
    Market description
    Deskripsikan segmentasi pasar yang dituju secara detail. Bila perlu gunakan tabel
    Product review
    Sediakan informasi tentang produk kalian, singkat saja ya!
    Competitive Review
    Seperti namanya, sub-bagian ini bertujuan untuk mengidentifikasi competitor kalian supaya kalian mengetahui posisi kalian di market itu seperti apa.
    Channels and logictic review
    Kamu dapat menyebutkan pihak-pihak terkait yang menunjang kinerja company kamu.
  2. SWOT Analysis
    Strength and weakness (from internal company)
    Opportunities and Threat (from external company)
  3. Objectives and Issues
    Objectives merupakan kumpulan goals yang ingin company kalian capai dan issues adalah rintangan apa kiranya yang akan kalian hadapi.
  4. Marketing Strategy
    Positioning, product Strategy, Pricing Strategy, and Distribution Strategy, marketing comm strategy, marketing research, marketing organization.
    Objectives kalian akan diraih melalui strategi-strategi ini. Kalian bisa menyertakan strategi kalian sesuai nama sub menunya
  5. Action Program
    Merupakan implementasi atau perwujudan dari strategi kalian. Bisa dibuat perbulan mau seperti apa dan apa yang diadakan. Kamu bisa mengkoordinasikan seluruh departemen untuk menjalankan strategi kamu
  6. Budget
    Semua kegiatan di atas pasti perlu DANA! Nah, kamu nanti masukkan pengeluaran yang kamu alokasikan untuk action program. Dibuat dalam bentuk tabel akan sangat bagus!
  7. Control
    Sebuah kegiatan pasti ada evaluasinya, sama halnya dengan program kamu. Ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi ketika program kamu dijalankan. Sehingga ke depannya bisa lebih baik lagi.

 

 

 

 

Advertisements

Author:

I am actually a crazy Korean lovers, but I does not mean that I only provide Korean things in my web :)

2 thoughts on “Format Simple Marketing Plan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s